Fakta-fakta Unik Tubuh Manusia

Manusia merupakan sebuah organisme yang sangat kompleks dengan sistem kerja yang sangat rumit, dan sering di sebut sebagai ciptaan Ilahi yang paling sempurna. Meskipun para ilmuwan terus meneliti tubuh manusia selama bertahun-tahun, masih saja ada hal baru yang selalu di temukan pada penelitian tentang tubuh manusia, dan mungkin tak akan pernah bisa terselesaikan sampai akhir jaman. Berikut ini adalah beberapa fakta unik tubuh manusia.

Pria tetap bisa ereksi meskipun sudah meninggal

Pria Tetap Bisa Ereksi Meskipun Sudah Mati

Meskipun terdengar janggal tapi seorang pria yang sudah meninggal ternyata tetap bisa mengalami ereksi, hal ini disebut “Death Erection” (Ereksi Kematian) atau istilah yang lebih sopannya “Angel Lust” (Nafsu Malaikat), yang sebenarnya merupakan ereksi post-mortem atau sementara yang hanya akan terjadi jika seorang pria meninggal dalam posisi vertikal dengan kepala yang menghadap ke bawah. Hal ini bisa terjadi karena ketika seseorang masih hidup jantungnya tak akan berhenti memompa darah secara terus menerus, dan saat seseorang meninggal dalam posisi vertikal, massa dari darah yang berhenti akan terpengarul oleh efek gravitasi yang membuat darah dan zat lainnya akan tertampung di area terendah dari tubuh manusia, dan terkumpul di area sekitar kaki, tekanan dari zat yang terkumpul ini urat yang ada pada jaringan kaki membengak, dan sisa dari darah yang tak terkumpul itu akan terkumpul dalam torso dan kemudian menjalar sampai ke area penis, yang membuat penis mengembang mirip ketika seseorang sedang mengalami ereksi.

Setiap menit 300.000.000 sel dalam tubuh manusia mati

Setiap Menit 300.000.000 sel dalam tubuh Manusia Mati

Sistem tubuh manusia merupakan salah satu sistem palng kompleks dan beroperasi seperti sebuah kota yang beroperasi secara mandiri, sebagian dari organ dalam tubuh manusia secara kontinyu menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang telah mati, tapi mungkin yang belum kalian tahu adalah bahwa jumlah sel-sel yang mati ini berjumlah sekitar 300 juta. Bukan hanya itu saja, 300 juta sel ini mati hanya dalam kurun waktu satu menit saja. Meskipun terdengar berjumlah sangat banyak, ternyata ini merupakan jumlah yang kecil bagi tubuh manusia, dalam satu hari tubuh Manusia ternyata mengganti sekitar 10 sampai 50 triliun sel dalam sehari, jadi jika dihitung jumlah 300 juta hanyalah kurang dari 0.0001%  dari sel yang mengalami regenerasi dalam tubuh.

Jumlah tulang pada bayi lebih banyak dari orang dewasa

Jumlah Tulang pada Bayi lebih banyak dari orang Dewasa

Ternyata pada saat seorang manusia lahir, dan masih menjadi bayi, tulang yang ada berjumlah 350 buah, tapi setelah dewasa akan berkurang dan hanya menyisakan 206 saja. Hal ini disebabkan karena tulang-tulang itu saling menyambung jadi satu untuk membentuk tulang yang lebih solid dan kuat, Menurut Dr. Sonja Roesma, SKM., AAK yang merupakan perwakilan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), proses pertumbuhan tulang ini disebabkan oleh pengaruh dari hormon pertumbuhan (Human Growth Hormone/HGH) dan kalsium. Tulang sendiri merupakan jaringan ikat yang terbentuk dari zat keras yang terdapat pada kalsium, dan membentuk sistem rangka, kekuatan utama tulang terletak pada bagian luarnya yang di sebut korteks, bagian korteks ini sendiri merupakan bagian utama dari tulang dengan massa mencapai 80% sedangkan bagian dalamnya yang terdiri dari sumsum hanya sebesar 20%.

Untuk setiap 1 sel tubuh manusia terdapat sekitar 3 mikroba yang hidup

Dalam setiap 1 Sel Tubuh Manusia terdapat 3 Mikroba yang hidup

Mungkin hal ini terdengar mengerikan tapi faktanya, dalam setiap satu sel tubuh manusia ada 3 mikroba yang menumpang hidup, dari sebuah penelitian ternyata di ketemukan fakta bahwa dalam tubuh manusia yang sehat, terkandung sejumlah virus berbahaya, tapi meskipun virus ini berbahaya, namun virus ini tak mengancam tubuh inangnya karena jika inagnya mati maka virus ini juga akan mati. Dan ternyata sekitar 1 sampai 3% dari berat badan manusia merupakan berat badan dari jumlah mikroba yang menumpang hidup di tubuh kalian, tapi semua mikroba ini tak semuanya bersifat buruk, sebagian dari mikroba ini berfungsi sebagai pembersih dari sel kulit tubuh mnausia yang mati, dan sebagian lainnya membantu dalam lambung dalam proses pencernaan, bahkan para ilmuwan menganggap sebagian lain dari mikroba yang ada di tubuh manusia membantu fungsi kerja dalam tubuh, namun prosesnya masih belum di ketahui pasti.

Rambut Manusia sangatlah Kuat

Meskipun terkesan sebagai bagian tubuh yang rapuh dan mudah rontok jika tak dirawat, rambut nyatanya merupkan salah satu bagian dari tubuh yang paling kuat, dan tak akan hancur oleh cuaca dingin, perubahan iklim, bahkan rambut merupakan salah satu organ yang kebal terhadap asam lambung dan zat korosif lainya. Jika kalian perhatikan pada jenazah yang orang yang telah meninggal selama ratusan tahun pun, rambut merupakan satu-satunya bagian dari tubuh manusia yang masih utuh dan bahkan dalam keadaan yang tergolong bagus, seperti yang pernah ditayangkan dalam Discovery Channel yang membahas tentang mumi dan piramid yang ada di Mesir.

Ada 100 milyar neuron yang bekerja untuk membuat manusia merasa hidup

Ada 100 Milyar Neuron yang bekerja untuk membuat Manusia merasa Hidup

Otak memiliki milyaran neuron didalamnya, dengan milyaran neuron ini kita bisa bertanya-tanya tentang segala hal yang terjadi. Hal ini tak hanya mempengaruhi proses terjadinya otak tapi juga merupakan sistem utama yang menunjang kinerja otak dalam berpikir, koneksi dari milyaran neuron inilah yang terus memproses informasi dalam otak dan membuat manusia merasa hidup.

Manusia bisa hidup tanpa makan, tapi akan mati kalau tak tidur

Manusia bisa hidup tanpa makan, tapi akan mati kalau tak tidur

Jika banyak orang berfikir bahwa makanan adalah kebutuhan utama tubuh agar dapat bertahan hidup, maka itu ternyata merupakan sebuah kekeliruan yang besar, karena manusia lebih membutuhkan tidur untuk bertahan hidup daripada makanan, bukan berarti makan tak penting bagi manusia tapi, ternyata saat manusia tidur, merupakan momen bagi tubuh untuk memperbaiki tubuh, saat seorang manusia sedang tertidur, tubuh akan melepaskan hormon yang yang berfungsi untuk mereproduksi sel tubuh yang telah mati dan juga perbaikan sel-sel yang rusak, dan hal ini bisa dilakukan jika seorang manusia paling tidak tidur selama kurang lebih 6 jam, bayangkan jika seseorang kurang tidur, maka jumlah sel dalam tubuh yang mampu di ganti dan diperbaiki akan semakin berkurang setiap harinya akan semakin berkurang, dan membuat tubh manusia semakin lemah setiap harinya. Berbeda dengan makan, manusia bisa bertahan selama 1 sampai 2 bulan tanpa makan dengan hanya meminum air saja, sedangkan tanpa tidur seseorang bisa mati dalam kurung waktu 48 – 64 jam, seperti banyak kasus yang orang yang meninggal akibat begadang.

Tubuh yang ternyata menyimpan berjuta juta misteri ini hanyalah sebagian kecilnya yang kita ketahui. Masih banyak fakta-fakta yang masih diselubungi oleh misteri yang abadi. Kita hanya bisa menggunakan tubuh kita seenaknya tanpa mengerti efek yang ditimbulkan kepada kita dan orang lain. Semoga dengan artikel ini, anda lebih menyayangi tubuh anda dengan menjaga kesehatan. Mulailah berolahraga dan jauhi hal-hal yang merusak tubuh.

 

Sumber: anehdidunia.com

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s