Deep Web dan Dark Web

Selama ini kita sering mendengar istilah “berselancar di dunia maya” bukan? Ketika berselancar kita hanya menyentuh permukaan lautnya saja. Di kedalamannya siapa yang tahu? Kira-kira begitulah gambaran Internet dan Deep Web (web dalam).

Image result for deep web

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan mengenai Deep Web dan Dark Web. Harapannya setelah membaca artikel ini kita tidak salah kaprah lagi mengenai istilah Deep Web dan Dark Web.

Tentang Deep Web

Deep Web adalah kumpulan konten world wibe web yang tidak terindex oleh mesin pencari standar seperti Google.
Seperti namanya ‘Web Mendalam’ tidak terlihat dipermukaan.

Meskipun tidak terlihat, konten Deep Web tetap dapat diakses dengan menggunakan tool khusus.

Menurut hasil riset jumlah konten situs yang di golongkan sebagai Deep Web sangatlah banyak. Hampir 96% dari keseluruhan Internet. Artinya situs yang biasa kita akses seperti Facebook, Google, dll. itu hanya 4%-nya saja. Menurut hasil riset pula sebagian besar konten Deep Web berisi tentang database dari hasil penelitian.

Namun di Indonesia ternyata banyak yang salah kaprah tentang hal ini.

Karena hampir semua blog berbahasa Indonesia menggambarkan Deep Web sama persis, yaitu sebagai kumpulan situs yang mengandung konten-konten negatif dimana terdapat banyak kengerian di dalamnya. Juga tempat berkumpulnya hacker sehingga anda harus selalu berhati hati.

Pertanyaannya, benarkah jumlah situs Deep Web begitu besar? Apakah terpintas di benak Anda bahwa ada yang salah tentang hal tersebut?
Pertanyaan-pertanyaan yang saya daftar di bawah ini mungkin dapat membantu anda untuk mencerna informasi tersebut.

  • Lebih banyak mana foto yang diupload di internet oleh jutaan orang setiap harinya di banding data riset orang orang khusus?
  • Jika Deep Web adalah kumpulan situs dengan konten tidak normal maka lebih banyak mana jumlah orang orang seperti itu dibanding blogger yang jutaan jumlahnya?
  • Dari semua teman anda, berapa orang yang menjadi peretas? Bahkan kebanyakan hacker juga bermain di forum surface web.

Jadi jelas ada kesalahpahaman disini.

Pengertian Deep Web sebenarnya…

Di dalam Deep Web memang ada beberapa situs pornografi, jual beli narkotika, situs kekerasan, peretasan. Hampir semuanya dari situs Deep Web yang kita kenal berdomain dot onion.

Namun sebenarnya situs berdomain dot onion tersebut bukan Deep Web secara keseluruhan.
Dot Onion cuma sebagian kecil dari Deep Web yang bisa kita sebut Dark Web atau sisi gelapnya internet.

Situs berdomain Onion terhubung ke internet melalui jaringan TOR atau Jaringan Bawang, untuk mengaksesnya memerlukan tool khusus sehingga bisa digolongkan sebagai Deep Web. Jumlahnya hanya 0,3 % dari total keseluruhan web. Sangat sangat kecil.

Deep web adalah seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, yaitu kumpulan situs yang tidak terindex oleh mesin pencari umum.

Artinya private message facebook anda pun adalah bagian dari DeepWeb karena tidak terindex oleh mesin pencari.

Jika saya membuat sebuah situs yang hanya bisa di akses oleh jaringan kantor saja, situs tersebut juga bisa di golongkan sebagai Deep Web karena untuk dapat mengaksesnya anda harus masuk ke jaringan lokal terlebih dahulu.

Oleh karena itulah besaran kapasitas Deepweb dikatakan sangat besar oleh para ahli. Meskipun sangat besar Deep Web tidak bisa dikatakan sebagai Internet yang Sebenarnya karena kebanyakan isinya adalah penunjang web bagian atas.

Jika di ibaratkan Internet bagian atas adalah wajah dan halaman toko yang bisa anda lihat sedangkan gudang gudang privasi di belakangnya termasuk Deep Web.

Sebagian lainnya lagi merupakan toko toko gelap yang tidak memiliki halaman depan yang bisa di kategorikan sebagai Dark Web.

Uniknya ramai-ramai digambarkan bahwa seluruhnya dari Deep Web tersebut bisa dijumpai dalam situs berdomain onion.

Penggambaran tentang jumlah .onion yang salah kaprah tersebut turut serta membuat nama Deep Web begitu melegenda. Seolah-olah Internet yang sebenarnya adalah Deep Web karena jumlahnya yang sangat besar.

Sampai-sampai banyak dari mereka yang rasa ingin tahu nya tinggi ingin mencoba memasuki Deep Web ini (yang sebenarnya adalah Dark Web).

Intinya Deep Web dan Dark Web itu berbeda.

Dark Web adalah kumpulan web rahasia yang merupakan bagian kecil dari Deep Web. untuk mengaksesnya kita memerlukan tool dan jalur khusus, sebut saja salah satunya TOR Network.

Penjelasan Jaringan TOR dan Cara Mengakses Deep Web (Dark Web)

Jaringan TOR (the onion router) atau bisa disebut jaringan bawang adalah server yang membuat pengguna menjadi anonim di internet.

Tor bekerja dengan cara mengarahkan lalu lintas internet anda ke lebih dari 3 relay sebelum sampai ke tujuan.

Pengertian sederhananya komputer anda akan melalui komputer komputer lain secara acak minimal hingga 3 dari 4000 lebih komputer sukarelawan di dalam jaringan TOR untuk dapat mengakses sebuah situs.

Karena keamanan berlapis tersebutlah jaringan ini disebut sebagai jaringan bawang.

Identitas kita tidak dapat di ketahui sehingga bisa dipastikan kita tidak terlacak ketika memakainya. Meskipun begitu data yang kita kirimkan tetap tidak terjaga keamanannya karena jaringan TOR hanya melakukan enkripsi data sampai ke pintu masuk ‘exit relay’.

Mungkin anda penasaran kenapa DeepWeb (Dark Web) itu ada ?
Situs berdomain dot onion hadir sebagai bentuk perwujudan terkumpulnya situs-situs yang berlawanan dengan hukum namun tetap bisa bebas di akses melalui jalur khusus.

Pemilik site berdomain onion pastilah orang orang yang identitasnya tidak ingin di ketahui. Jika mereka buka cabang di Internet biasa maka habislah mereka karena gampang terdeteksi.

Cara mengakses Deep Web (Dark Web) tersebut adalah dengan menggunakan TOR Browser yang bisa di download di TorProject.

Ketika menggunakan Tor Browser anda bisa membuat identitas sendiri dengan membuat virtual IP address sehingga IP sebenarnya tetap dirahasiakan.

Jika merasa belum aman anda juga bisa membuat tor browser terkoneksi ke proxy/VPN anda terlebih dahulu. Dengan demikian tidak hanya IP address kita yang di sembunyikan namun juga fakta bahwa anda yang sedang memakai jaringan TOR.

Beberapa tips ini mungkin bisa menghindarkan anda dari masalah :

  • Jangan mendaftarkan username dan password anda secara sembarangan , apalagi jika password tersebut sama dengan yang anda gunakan pada email anda atau Facebook anda.
  • Sebaiknya jangan mendownlod konten di dalam Deep Web. Tidak ada jaminan file yang akan anda ambil aman dari virus. Browser Tor hanya mengamankan identitas anda, tidak mengamankan data konten.
  • Pasang dan selalu perhatikan indikator traffic internet, jaga-jaga siapa tahu ada traffic yang mencurigakan.
  • Deep Web tidak sengeri yang anda bayangkan, kontennya memang tidak normal tapi jika Anda beranggapan dengan mengaksesnya anda dalam bahaya, Anda tidak sepenuhnya benar, cukup berhati-hati saja.
  • Sering melihat hal-hal yang aneh akan mengubah anda secara psikologis.

Apa saja yang bisa kita temukan di Deep Web?

Ketika memasuki Deep web anda mungkin akan merasa tersesat karena tidak memiliki buku alamat sebagai acuan. Tenang, ada hidden wiki kok, silahkan menggunakan pencarian di Tor Browser.

Di dalam hidden wiki sudah terdaftar situs-situs berbahaya seperti Slickroad dimana didalamnya terdapat penjualan narkoba, site yang memperdagangkan konten seks dibawah umur, pembunuhan dan lain sebagainya.

Situs tersebut dibuat untuk tujuan komersial. Biasanya mata uang yang dipergunakan di dalam Dark Web adalah mata uang virtual Bitcoin.

Sebagai catatan, url berdomain onion selalu di tulis agak acak , seperti jdsaph45jnsoijda dot onion. Jadi, tidak seperti alamat alamat web biasanya yang mudah diingat.

Jadi sudah mengertikah Anda tentang Deep Web dan Dark Web yang sebenarnya?

Sumber: http://www.meretas.com

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s