10 Hal Yang Tidak Anda Tahu Dapat Dilakukan Di Mesin Pencari Google

Google sebagai raksasanya mesin pencari tentu telah menyediakan berbagai trik pencarian yang dapat membantu penggunanya. Sayangnya tidak semua trik pencarian ini diketahui secara umum. Berikut 10 hal yang mungkin tidak Anda tahu dapat dilakukan di mesin pencarian google:

1. Timer – “Timer 3 minutes”

Google menyediakan fitur timer dan alarm dalam pencariannya

Google menyediakan fitur menyerupai countdown atau alarm yang dapat Anda gunakan dengan mengetik “timer 3 minutes”. Hal ini juga tidak terbatas hanya ke menit, namun juga bisa ke jam (hours) dan detik (seconds). Sebagai contoh jika Anda mengetik “timer 30 seconds” maka alarm akan berbunyi setelah 30 detik dan seterusnya. Hal serupa juga dapat Anda lakukan dengan mengeti jam yang Anda inginkan seperti “timer 23:50”.

2. Perbandingan – “chihuahua vs bulldog”

Google menyediakan fitur perbandingan hewan, planet, dan makanan dalam pencariannya

Membandingkan kedua hal menjadi lebih mudah dan cepat dengan adanya fitur perbandingan yang langsung dapat dilakukan ke mesin pencari Google. Sebagai contoh Anda dapat membandingkan planet Bumi dengan Neptunus jika Anda mengetik “earth vs neptune”. Sayangnya fitur ini masih sangat terbatas dan hanya dapat dilakukan ke jenis anjing, planet, dan makanan.

3. Perhitungan – “100*22/7-sin(71)”

Google menyediakan fitur perhitungan yang dapat langsung dilakukan dalam pencariannya

Bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas matematika atau membutuhkan perhitungan instan maka sekarang Google dapat menjadi jawaban Anda. Masukkan saja formula apapun yang ingin Anda hitung dan Google akan secara otomatis memberikan hasilnya ke Anda.

4. Pencarian dengan gambar

Google menyediakan fitur pencarian melalui gambar pada image google

“Search by Image” di images.google.co.id Ini mungkin bukanlah hal yang baru namun sangatlah berguna khususnya bagi Anda pengguna Google Chrome desktop. Google dapat melakukan pencarian serupa berdasarkan atas gambar yang Anda temukan dan hal ini lebih mudah lagi untuk dilakukan saat Anda menggunakan Google Chrome karena melalui menu klik kanan, Anda dapat langsung melakukan pencarian tanpa perlu melalui halaman gambar Google.

Lebih mudahnya lagi, melalui aplikasi Goggle di Android dan iPhone, Anda dapat langsung melakukan pencarian berdasarkan atas foto langsung dari smartphone Anda.

5. Mendefinisikan sesuatu dengan cepat – “define arthritis”

Google menyediakan fitur mendefinisikan sesuatu pada pencariannya

Ingin mengetahui definisi suatu kata pastilah tidak jarang kita temui, hal ini juga disadari Google dnegan menyediakan fitur mencari definisi kata dengan cepat. Anda cukup meletakkan keyword “define” di depan kata yang ingin Anda cari, hal ini juga tidak terbatas hanya ke kata, namun juga bisa nama orang, film, dan banyak hal lainnya.

6. Melakukan konversi – “yard inch”

Google menyediakan konversi dari suatu satuan atau dari suatu mata uang di mesin pencariannya

Dari kilogram ke miligram, ton ke gram, liter ke militer, yard ke inch, hingga konversi mata uang seperti dari usd ke idr, atau euro ke idr juga dapat dilakukan di Google. Hal ini dapat dilakukan dengan langsung saja mengetik satuan terkait seperti “yard inch” atau mata uang terkait seperti “usd idr”.

7. Daftar pemeran dalam sebuah film – “ironman cast”

Melalui mesin pencari Google seseorang dapat mencari cast atau aktor yang bermain di suatu film

Terkadang saat kita menonton sebuah film, kita ingin tahu siapa aktor atau artis yang memerakan karakter terkait dalam film tersebut. Seperti contohnya dengan mengetik “ironman cast” maka Google akan menampilkan daftar selebritis yang berperan dalam film tersebut. Hal ini juga disertai dengan informasi ringkas dari film terkait.

8. Daftar tempat menarik di berbagai negara – “singapore attraction”

Melalui mesin pencari Google seseorang dapat mencari atraksi menarik yang ada di suatu negara

Bagi Anda yang suka travelling maka fitur ini akan menjadi salah satu favorit Anda. Dengan menambahkan keyword “attraction” di negara yang ingin Anda kunjungi, maka Google akan menampilkan berbagai tempat menarik pada negara tersebut.

9. Mengecek jadwal penerbangan – “flights from jakarta to medan”

Mesin pencari google menyediakan fitur pencarian jadwal penerbangan

Untuk melihat jadwal penerbangan dari atau ke tujuan tertentu, Anda dapat mengetik “flights from” atau “flights to” diikuti dengan kota atau bandara terkait. Kedua keyword ini dapat digunakan baik terpisah maupun digabungkan. Sebagai contoh jika Anda ingin melihat maskapai yang menyediakan penerbangan dari jakarta ke medan maka Anda dapat mengetik “flights from jakarta to medan”.

10. Mendapatkan waktu matahari terbit dan waktu negara lain – “time paris” dan “sunrise jakarta”

Melalui google seseorang dapat mengetahui waktu matahari terbit di suatu kota

Anda dapat melihat waktu negara lain dengan menambahkan keyword time di negara yang ingin Anda lihat waktunya, sebagai contoh jika Anda ingin melihat waktu di paris maka Anda dapat mengetik “time paris”. Selain ini, Google juga memberikan fitur untuk melihat waktu matahari terbit atau matahari terbenam di suatu kota. Cukup dengan mengetik “sunrise” atau “sunset” diikuti kota tertentu. Seperti “sunrise jakarta” jika Anda ingin melihat waktu matahari terbit di Jakarta.

Sebenarnya masih banyak sekali yang dapat kita lakukan dengan mesin pencari Google, sayangnya kebanyakan fitur masih terbatas hanya ke Internasional seperti US saja.

 

 

 

 

 

Sumber: tahupedia.com

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s