Dapatkan Tidur Malam Berkualitas dengan Cara Ini!

Di tengah kesibukan yang super padat makin sedikit orang yang mendapatkan tidur yang berkualitas. Akhirnya, meski tubuh terasa letih banyak orang yang tidak bisa tidur nyenyak. Gaya hidup dan pola makan mempengaruhi hal itu. Berikut tips untuk mendapatkan tidur nyenyak dilansir Huffington Post:

1. Waktu tidur yang konsisten
Jika Anda mempunyai jam tidur yang berantakan maka tubuh juga kesulitan untuk menyesuaikan diri sehingga membuat tidur Anda tidak sehat. Ubah pola tidur Anda dengan jam yang teratur. Selain lebih bugar, tidur Anda akan lebih berkualitas.

2. Tidak ada tv, laptop, tablet, atau smartphone di tempat tidur
Anda mungkin berpikir menonton televisi di tempat tidur adalah cara yang baik untuk bersantai. Mungkin Anda ingin cek email, atau baca berita online, atau bermain Angry Birds di ponsel sebelum tidur. Padahal aktivitas menggunakan ponsel di tempat tidur berkaitan dengan gangguan tidur. Mereka bisa menyebabkan Anda kesulitan tidur bahkan mimpi buruk. Sebaiknya hindari

3. Tidak ada aktivitas di tempat tidur selain tidur dan seks
Anda boleh saja saling bertukar pikiran di tempat tidur. Namun jika Anda berdebat hal politik, ekonomi atau lainnya malah membuat Anda berpikir berat yang menyebabkan susah tidur. Atau yang lebih buruk, Anda tidur dalam keadaan stres. Selain itu aktivitas seks bisa membuat tidur Anda makin nyenyak. Karena Anda tidur dalam perasaan bahagia.

4. Tidak ada stimulan dalam beberapa jam sebelum tidur
Nikotin dan kafein adalah dua zat yang membuat tidur Anda tidak nyaman bahkan sulit tidur. Hindari rokok atau minum kopi menjelang tidur. Jika Anda berencana untuk pergi tidur pada pukul 10.30, minum kopi dengan setelah makan malam adalah ide yang buruk.

5. Olahraga, tapi jangan sebelum tidur
Olahraga memiliki banyak efek menguntungkan pada kesehatan manusia. Olahraga teratur dapat membantu dalam mengatur tidur. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut tergantung pada jumlah waktu antara olahraga dan tidur. Rajin olahraga akan membuat tidur Anda nyaman. Tapi jangan lakukan menjelang tidur agar tubuh Anda tidak pegal setelah bangun.

Tingkatkan kualitas tidur Anda agar mendapat tubuh yang bugar dan siap beraktivitas kembali.

 

 

 

 

 

 

Sumber: Huffington Post

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s