Teori Baru: Manusia Purba Punah Dimakan Manusia Modern

Sebuah teori baru manusia purba punah dikarenakan dimakan manusia modern, teori baru ini dikemukakan oleh ilmuwan Spanyol. Teori evolusi mengenai manusia purba Neanderthal masih menyimpan berjuta misteri. Tak hanya terkait asal-usulnya saja, tetapi juga hingga kini para ilmuwan belum dapat memastikan penyebab kepunahannya. Sementara beberpa ilmuwan menduga karena adanya perubahan iklim, namun tidak dengan tim peneliti asal Spanyol. Mereka meyakini bahwa awal kepunahan kelompok Neanderthal dikarenakan adanya kemunculan Homo Sapiens. Mengejutkannya lagi, peneliti menyebutkan kepunahan Neanderthal dipicu karena ulah homo sapiens atau manusia modern yang memburu dan mengonsumsinya sebagai santapan. Sebab seperti dilansir Softpedia,dugaan ini terlihat dari adanya bekas gigitan manusia pada tulang manusia purba itu. “Homo Sapiens di luar benua Afrika yang merupakan daerah asalnya, dianggap sebagai spesies asing yang invasive atau aktif melakukan perpindahan,” ungkap salah satu peneliti.

“Satu-satunya cara untuk membuktikan dugaan kami dengan menemukan bukti langsung sisa gigitan manusia yang ada pada tulang Neanderthal. Misalnya, dari potongan tulang atau patahan-patahan pada tulang dari artefak yang dibuat oleh manusia modern,” lanjutnya lagi.

Lebih lanjutnya lagi, mereka juga menyatakan bahwa kemunculan Homo Sapiens telah menjadi penyebab atas kepunahan 178 spesies hewan lain di muka Bumi ini. Sehingga, kemungkinan besar teori kepunahan Neanderthal yang dikemukakannya bisa jadi bukan sekedar isapan jempol semata. Unik Baca

Sebagai tambahan informasi dari Wikipedia, Neanderthal merupakan anggota genus Homo yang sudah punah sejak zaman Pleistosen. Mereka dinyatakan berpisah dari garus evolusi manusia sejak 500 ribu tahun lalu dan sudah punah sejak 30 ribu tahun lalu.

Dugaan kepunahan Neanderthal yang nyaring terdengar karena mati dibunuh oleh manusia modern yang populasinya berjumlah lebih banyak dan aktif bereproduksi. Sementara, dugaan lainnya mengatakan akibat letusan gunung berapi sekitar 40 ribu tahun yang lalu di daerah Italia dan Pegunungan Kaukasus telah menyebabkan kepunahan Nanderthal.

 

 

 

 

Sumber: unikbaca.com

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s