Bayi ‘Belajar’ Menangis Sejak dalam Kandungan

Sejak kapan bayi mulai bisa menangis? Peneliti dari Durham bisa memberikan jawabannya. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Durham dan Lancaster University menemukan bahwa sejak dalam kandungan bayi telah ‘melatih’ ekspresi kesakitan.

Para peneliti percaya bayi belajar untuk berkomunikasi setelah lahir, seperti melalui tangisan atau menunjukkan wajah sedih dan terluka ketika dalam kandungan.

Hasil scan yang menunjukkan ekspresi janin dalam kandungan

Penelitian yang dilakukan dengan scan ultrasound ini menunjukkan bahwa bayi melatih beberapa gerakan, mulai dari yang sederhana seperti tersenyum hingga gerakan yang cukup sulit seperti menurunkan alis atau mengerutkan hidung. Meski begitu peneliti tak mengetahui apakah janin hanya berlatih ekspresi atau benar-benar bisa merasakan sakit.

“Masih belum jelas apakah janin benar-benar bisa merasakan rasa sakit. Kami juga tak mengetahui apakah ekspresi yang ditampakkan oleh janin dalam kandungan ibu berkaitan dengan apa yang mereka rasakan,” ungkap ketua peneliti Dr Nadja Reissland, seperti dilansir oleh BBC News (06/06).

Penelitian ini mengindikasikan bahwa gerakan wajah lebih berkaitan dengan berkembangnya otak dibandingkan dengan perasaan. Hal ini karena ekspresi janin semakin berkembang dan rumit seiring dengan pertumbuhan mereka dalam kandungan.

Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati scan 4D dari delapan janin perempuan dan tujuh janin laki-laki. Reissland menjelaskan bahwa sangat penting bagi bayi untuk mengembangkan kemampuan ekspresi. Ini membuat mereka mampu menunjukkan rasa sakit dan apa yang mereka rasakan ketika sudah lahir. Ekspresi dan tangisan juga digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain ketika mereka masih bayi.

 

 

Sumber: merdeka.com

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s