Waspada, Kepala yang Terbentur bisa Merubah Sifat

Sebuah penelitian menunjukkan trauma di kepala – biasanya karena pernah terbentur – memengaruhi susunan saraf dalam kepala. Hal ini bisa menyebabkan gangguan otak, orang yang awalnya baik bahkan bisa menjadi orang jahat.
nationalgeographic.co.id
Penelitian ini dilakukan di University of Exeter, yang sekaligus menguatkan penelitian lainnya oleh  Children’s Commissioner for England. Dua hasil penelitian tadi menyingkap,  cedera yang terjadi selama proses pematangan otak bisa memicu konsekuensi sosial.

Prof Huw Williams dari University of Exeter menyebut trauma akibat cedera otak sebagai epidemi yang tersembunyi. Pemicunya banyak sekali meski sering terabaikan dan dianggap tidak serius, mulai dari jatuh saat olahraga hingga perkelahian maupun kecelakaan lalu lintas.

Kenyataannya, hal itu berhubungan erat dengan perilaku kriminal yang muncul ketika anak-anak tersebut tumbuh dewasa. Dari 200 narapidana di Inggris yang disurvei, sebagian besar atau tepatnya 60 persen punya riwayat cedera di kepala sewaktu muda.

Nah, jadi hati-hati menangani cedera kepala. Misalnya, bila ada teman yang pernah jatuh dari motor lalu cara berpikirnya kemudian jadi aneh, wah menurut Prof. Huw Williams, perlu diksrining dalam rangka mengurangi angka kriminalitas.

Sumber:
health.detik
Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s