Liu Yang, Astronot Perempuan Asal Cina Pertama Di Angkasa

Cina baru saja mencatatkan sejarah baru. Adalah seorang bernama Liu Yang yang menjadi astronot perempuan pertama asal Cina yang berangkat dan menjelajai luar angkasa. Sejarah tersebut dicatatkan Liu Yang setelah dirinya berangkat ke luar angkasa untuk bertugas di stasiun luar angkasa Tiangong 1.

Dalam misi penerbangan luar angkasa tersebut, Liu Yang tidak sendiri. Dikutip dari Slashgear, Liu Yang ditemani oleh dua orang astronot laki – laki. Ketiga astronot tersebut diberangkatkan dari Bumi menggunakan pesawat luar angkasa Shenzhou 9.

Liu Yang sendiri merupakan seorang pilot pesawat tempur berusia 34 tahun. Dalam misi ini, Liu Yang bertugas bersama seorang rekannya untuk mengamati sistem life support di Tiangong 1 selama 10 hari. Stasiun luar angkasa Tiangong 1 ini memiliki ukuran seperti sebuah bus kota dan terletak 200 mil di atas bumi.

Pengiriman Liu Yang ke luar angkasa oleh Cina ini menjadi catatan sejarah, tak hanya bagi Cina, namun juga bagi seluruh dunia. Dengan pengiriman Liu Yang ini, menggambarkan bahwa dunia telah menerima adanya persamaan gender. Sebelumnya telah terdapat beberapa negara lain yang telah melakukan hal serupa, di antaranya adalah Amerika Serikat.

Misi pengiriman astronot ke luar angkasa ini seperti yang dikatakan sebelumnya bertugas untuk melakukan monitoring terhadap sistem life support. Dalam misi ini, dua orang akan tinggal di stasiun luar angkasa dan seorang lain tinggal di dalam kapsul. Dan, setelah 10 hari, ketiga astronot tersebut dapat kembali ke Bumi.

Sumber: memobee.com

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s