5 Virus Komputer Menjengkelkan di Indonesia

Para pengguna komputer pasti sering mengalami kekesalan terhadap virus yang susah dimusnahkan oleh antivirus mana pun. Biasanya virus yang baru sulit di-clean oleh antivirus kenamaan, seperti Avira, Symantec, Mcafee, dll. Harus menunggu beberapa bulan bahkan tahunan agar antivirus-antivirus semacam itu bisa memunahkan virus yang baru menyerang di Indonesia. Kadang antivirus pun sudah tak ampuh. Malah pengguna komputer harus terjun ke forum guna mencari solusi. Berikut dirangkum lima virus yang bikin resah pengguna komputer di Indonesia.

 

1. WIN32/Ramnit.A

Virus ini terkenal bandel, dan cukup lama membuat pengguna internet terganggu. Ada cukup banyak laporan komputer yang terjangkit Ramnit masuk ke technical support Eset Indonesia.
Setelah mengalami penurunan di bulan-bulan sebelumnya, Ramnit kembali bertengger di puncak sejak Mei lalu. Virus berjenis trojan ini relatif sulit disingkirkan. Tips dari Technical Support Eset Indonesia adalah lakukanupdate scan via safe mode, atau gunakan sysrescue.

2. Win32/Ramnit.F

Malware berjenis trojan ini mampu meng-copy dirinya yang akan memenuhi hard drive komputer yang terinfeksi. Virus ini biasanya bersembunyi di dalam aplikasi office, bahkan game.

Dengan kemampuannya membuka firewall dan menyamar menjadi program fake untuk mengumpulkan data penting seperti data transaksi, data keuangan sehingga sangat dianjurkan untuk segera menghapus jika ditemukan adanya indikasi virus Win32/Ramnit.F ini karena berpotensi menghambat kerja komputer dan merusak data yang tersimpan di dalamnya.

 

3. Win32/Ramnit.H

 

Malware ini memanfaatkan security flaws agar hacker pengendalinya bisa masuk dan mengambil alih komputer yang menjadi target melalui koneksi jaringan.

Ramnit.H adalah malware berjenis trojan, dimana setelah berada di dalam komputer, ia akan mengirimkan file-file berbahaya, dan melakukan aktifitas tertentu, yang berdampak pada mandeknya kinerja komputer hanya dengan menambahkan entri file ke sistem registry dan sistem operasi.

Ramnit.H juga mampu memonitor aktifitas online korban, kemudian mencuri data-data keuangan seperti data kartu kredit, password, user name. Malware yang diidentifikasi Eset sebagai Win32/Ramnit.H ini juga mampu mematikan sistem keamanan. Pastikan komputer kita bersih, dan jika ditemukan adanya indikasi Ramnit.H ini, langsung hapus saja.

 

 

4. Win32/Sality.NBA

 

Win32.Sality.NBA adalah salah satu program jahat ilegal yang ada pada Windows. Program tersebut mampu mangambil alih resources system dan memperlambat kinerja komputer.

Beberapa program sejenis seringkali muncul dalam bentuk pesan-pesan maupun banner iklan sehingga mengganggu proses kerja. Sementara itu, malware ini juga merusak data yang tersimpan di dalam komputer.

 

5. Win32/Somoto.A

Sebuah program komputer dalam bentuk adware yang berbahaya. Modusnya tampil sebagai iklan, user yang tidak waspada akan meng-klik dan seketika itu juga malware Win32/Somoto.A akan menginstall malware di dalam komputer korban.

Setelah berada di dalam, Somoto.A selalu memunculkan pop-up banner. Malware ini akan selalu terintegrasi dengan bugs komputer lain seperti keylogger, backdoors, dan lainnya.

 

Pekerjaan utama dari malware ini sebenarnya adalah merekam semua aktifitas online korban dan mengirimkan data penting korban ke komputer lain tanpa diketahui oleh si korban. Jika menjumpai indikasi kehadiran Win32/Somoto.A, segera saja delete.

 

Sumber: inet.detik.com, uniknya.com

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s