Hina PM di Twitter, Warga Bahrain Dipenjara

Pemimpin kelompok oposisi terkemuka Bahrain, Nabeel Rajab, dijatuhi hukuman tiga bulan penjara karena dianggap menghina Bahrain setelah menulis beberapa kicauan di akun twitter-nya.

Kuasa hukum Rajab dan kantor berita negara mengatakan dalam twit-nya itu Rajab mengkritik Perdana Menteri Bahrain Pangeran Khalifa bin Salman Al Khalifa. Akibat twitnya itu, ia mendekam tiga minggu di penjara dalam proses penyelidikan pada Juni.

Menurut Kepala Pusat Hak Asasi Manusia Bahrain (BCHR), polisi kembali menjebloskan Rajab ke tahanan setelah putusan pengadilan, Selasa (10/7).

Rajab dikenal sebagai ‘musuh’ pemerintah Bahrain. Ia telah menjadi tokoh utama gerakan protes selama 16 bulan di Bahrain. Ia sangat berperan dalam mengorganisir demonstran dan menjadi provokator unjuk rasa.

Dalam twitnya, Rajab menyebut bahwa penduduk Distrik Muharraq telah membuat sebuah acara baru-baru ini untuk mendukung Sheikh Khalifa bin Salman. Namun, kata Rajab, itu hanya kedok untuk keuntungan finansial.

“Sekelompok orang dari Muharraq mengajukan keluhan terhadap terdakwa karena telah memfitnah mereka melalui publikasi,” kata kepala jaksa Nayef Yusuf Mahmoud seperti ditulis Kantor Berita Bahrain. Ia juga mengatakan bahwa pernyataan Rajab di Twitter telah meragukan patriotisme warga Distrik Muharraq.

Sementara itu, pengacara Rajab, Mohammed al-Jishi mengatakan, keluhan itu hanya dilayangkan oleh sekitar 50 orang yang diduga  pensiunan tentara dan petugas keamanan.

Jishi mengatakan pihaknya akan mengajukan banding dan bahwa apa yang dikatakan hakim terkait habisnya waktu Rajab selama tiga minggu di penjara akan diperhitungkan.

“Setiap hari ada seribu orang menghina seribu lainnya. Ini tidak logis, biasanya tuduhan penghinaan menyebabkan hanya denda. Jadi, bagi saya ini kejutan,” kata Jishi.

Sumber: http://www.metrotvnews.com

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s